Jl Pesantren no 02 Citangkolo Kujangsari Langensari Kota Banjar Jawa Barat
Telp. 0265 2730505 e-Mail : smpalazharbanjar@gmail.com

Rabu, 25 Agustus 2021

Dulu Kuli Bangunan, Kini Bintara Polri


 Kisah Pria yang Dulu Kuli Bangunan, Kini Menempuh Pendidikan Bintara Polri

Perjuangan seorang pria hingga sukses diterima di pendidikan Bintara Polri menginspirasi netizen. Dalam video yang viral, ia menunjukkan bahwa usaha akan membuahkan hasil dan semua orang bisa meraih suksesnya masing-masing. Pria tersebut mengisahkan perjalanan hidupnya yang tidak bisa dibilang mudah. Sebelum menempuh pendidikan di kepolisian, ia pernah jadi supir ojek online hingga kuli bangunan.

Kisah hidup pria yang tidak diketahui namanya itu jadi viral setelah dibagikan di Instagram. Dalam akun @dunia_kaumhawa, ia dideskripsikan sebagai anak muda yang kuat dan sukses menaikkan derajat orangtua. Video iyu pun diharapkan bisa menjadi semangat netizen dalam mencari nafkah untuk keluarga apalagi di tengah pandemi Corona.

Video yang berisi kolase foto tersebut diawali dengan potret dirinya saat bekerja sebagai supir ojek online (ojol). Dikatakan jika ketika itu sering sepi orderan hingga membuatnya ketiduran. Selain menjadi driver ojol, ia pun sering bekerja serabutan, salah satunya membantu sang ayah bekerja menyortir rongsokan.

"Pekerjaan ayah saya setiap hari, saya selalu membantu sortir rongsokan," tulisnya selagi memperlihatkan bagaimana mereka mengurus sampah-sampah plastik.

Pria itu juga pernah bekerja mengantar minuman, menjual ketupat bersama teman-teman ojol, membantu ibu berjualan keripik, menjadi petugas layanan internet, supir pindahan atau barang hingga kuli bangunan. Semua itu pun dilakukan juga untuk keluarga, terutama ibunya.

"Pernah jadi kuli bangunan uangnya dipake buat kebutuhan sehari-hari sama kasih ke mamak," "Pernah jadi supir pindahan juga uangnya dibagi 2 sama mamak," tulisnya di beberapa foto.

Sampai suatu saat pria muda tersebut bertekad untuk mendaftar pendidikan kepolisian. Ia bercerita sempat punya rasa minder karena tidak mendapat fasilitas atau dukungan lebih seperti peserta lainnya.

"Ngurus berkas sampe 1 minggu baru selesai semua. Setiap tes selalu sendiri nggak pernah diantar orangtua, selalu minder karena peserta yang lain mengikuti bimbel sedangkan saya cuma belajar otodidak sendiri," katanya.

Usaha dan kegigihannya pun tak sia-sia karena akhirnya pria tersebut sukses masuk pendidikan Bintara Polri. "Pada akhirnya hari yang ditunggu tiba dan saya dinyatakan lulus terpilih mengikuti pendidikan bintara polri. "Ini pas kelar pengumuman saya langsung telpon mamak dan alhamdulillah saya telah berhasil membuat mamak nangis bangga atas pencapaian selama ini," tulisnya.

Di akhir video, ia pun menyelipkan semangat untuk orang-orang lain yang sedang berjuang. "Pesan buat semuanya jangan pernah menyerah dengan keadaan tetap semangat karena rezeki itu tidak ada yang tahu," tutupnya.

 
Back To Top