Visi dan Misi SMP Al Azhar Citangkolo

 border=


VISI

"TERWUJUDNYA PESERTA DIDIK YANG UNGGUL DALAM PRESTASI, BERKARAKTER MULIA DAN RELIGIUS, ADAPTIF TERHADAP TEKNOLOGI SERTA MAMPU BERKOLABORASI DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT"

MISI SEKOLAH

  1. Meningkatkan mutu pembelajaran yang berorientasi pada pengembangan kompetensi akademik dan non-akademik guna meraih prestasi yang optimal.
  2. Menanamkan nilai-nilai karakter mulia seperti kejujuran, tanggung jawab, disiplin, dan kepedulian sosial dalam setiap aktivitas pembelajaran dan kehidupan sekolah.
  3. Menguatkan pendidikan religius melalui kegiatan keagamaan yang rutin dan integratif untuk membentuk peserta didik yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  4. Mengembangkan kemampuan literasi digital dan teknologi informasi agar peserta didik mampu beradaptasi secara bijak, produktif, dan bertanggung jawab di era digital.
  5. Mendorong budaya kolaborasi dan gotong royong dalam pembelajaran serta kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler untuk meningkatkan keterampilan sosial dan kepedulian terhadap lingkungan masyarakat.
  6. Mewujudkan lingkungan sekolah yang inklusif, aman, dan mendukung pembelajaran mendalam, yang memperkuat keterlibatan seluruh warga sekolah dalam proses pendidikan.



TUJUAN SEKOLAH

  1. Menghasilkan lulusan yang berprestasi di bidang akademik dan non-akademik sesuai potensi dan minatnya.
  2. Terbentuknya peserta didik yang memiliki akhlak mulia dan mampu menerapkan nilai-nilai karakter dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Tumbuhnya sikap religius dan spiritual peserta didik melalui penguatan kegiatan keagamaan dan pembiasaan nilai-nilai keimanan dan ketakwaan.
  4. Meningkatknya literasi dan kecakapan digital peserta didik agar mampu memanfaatkan teknologi secara produktif, kritis, dan etis.
  5. Menyiapkan peserta didik untuk aktif dan peduli terhadap kehidupan sosial dan lingkungan masyarakat.
  6. Terwujudnya iklim sekolah yang kondusif dan ramah anak sebagai tempat belajar yang aman, nyaman, inklusif, dan menyenangkan bagi semua warga sekolah.

INDIKATOR KEBERHASILAN

1. Prestasi Unggul

  • Meningkatnya jumlah peserta didik yang meraih prestasi akademik dan non-akademik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional.
  • Tersedianya portofolio prestasi siswa yang terdokumentasi dan terpublikasi secara berkala.
  • Terselenggaranya lomba internal dan pembinaan rutin dalam bidang akademik, seni, olahraga, dan teknologi.

2. Karakter Mulia

  • Terlihat perubahan perilaku positif siswa dalam disiplin, tanggung jawab, kejujuran, dan kepedulian sosial.
  • Berkurangnya pelanggaran tata tertib dan meningkatnya budaya saling menghargai di lingkungan sekolah.
  • Terintegrasinya pendidikan karakter dalam setiap mata pelajaran dan kegiatan sekolah.

3. Religius

  • Siswa melaksanakan ibadah sesuai agamanya secara rutin dan penuh kesadaran.
  • Terselenggaranya kegiatan keagamaan (salat berjamaah, tadarus, pembinaan rohani) secara terstruktur.
  • Meningkatnya toleransi antarumat beragama di sekolah.

4. Kolaboratif dalam Masyarakat

  • Siswa aktif dalam kegiatan kolaboratif, seperti proyek berbasis komunitas, kerja kelompok, dan bakti sosial.
  • Terjalinnya kemitraan dengan masyarakat, orang tua, dan lembaga sosial dalam kegiatan pendidikan.
  • Tersedianya ruang praktik kolaborasi seperti forum OSIS, klub minat, dan kegiatan lintas kelas.

STRATEGI IMPLEMENTASI

A. Strategi Pembelajaran

  1. Menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dan berbasis proyek yang menumbuhkan kreativitas, kerja sama, dan prestasi.
  2. Menyusun kurikulum operasional satuan pendidikan (KOSP) yang mengintegrasikan nilai karakter dan religiusitas.
  3. Memberikan penguatan keterampilan abad 21 (4C: Critical Thinking, Creativity, Collaboration, Communication).

B. Penguatan Karakter dan Religius

  1. Menjalankan program pembiasaan positif harian (seperti senyum, salam, sapa, salat, do’a bersama, dan literasi pagi).
  2. Menyelenggarakan program pembinaan rohani, seperti pesantren kilat, majelis taklim siswa, dan mentoring keagamaan.
  3. Melibatkan guru dan tenaga kependidikan sebagai teladan karakter.

C. Pengembangan Ekstrakurikuler dan Minat Bakat

  1. Menyediakan ragam kegiatan ekstrakurikuler akademik dan non-akademik untuk menampung bakat siswa.
  2. Mengadakan bimbingan intensif untuk siswa berprestasi dan berpotensi mengikuti lomba.
  3. Memberikan penghargaan dan apresiasi rutin atas prestasi dan sikap baik siswa.

D. Kemitraan dan Kolaborasi

  1. Menjalin kemitraan aktif dengan orang tua, masyarakat, dan lembaga lain melalui program kolaboratif seperti parenting day, class meeting terbuka, dan CSR pendidikan.
  2. Menumbuhkan budaya kerja tim dalam organisasi siswa dan antar siswa-guru.
  3. Membuka forum komunikasi rutin (seperti forum musyawarah wali kelas, pertemuan warga sekolah).

PROGRAM KERJA SEKOLAH

A. Bidang Akademik dan Prestasi

  • Program Peningkatan Mutu Pembelajaran
  • Workshop guru inovatif dan pembelajaran berdiferensiasi
  • Supervisi akademik secara berkala
  • Kelas remedial dan pengayaan
  • Program Pengembangan Prestasi Siswa
  • Pembinaan rutin untuk olimpiade dan lomba akademik
  • Pendampingan ekstrakurikuler prestasi (robotik, sains, seni, dll.)
  • Penilaian dan penghargaan berkala untuk siswa berprestasi

B. Bidang Karakter dan Religius

  • Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)
  • Upacara bendera dan apel karakter setiap pekan
  • Kegiatan literasi nilai (kisah inspiratif, buku karakter, dll.)
  • Program tutor sebaya dan duta karakter
  • Program Pembiasaan Religius
  • Shalat berjamaah dan tadarus rutin (untuk muslim)
  • Kegiatan keagamaan lintas agama sesuai agama masing-masing
  • Peringatan hari besar keagamaan dan bakti sosial

C. Bidang Teknologi dan Digitalisasi

  • Program Transformasi Digital Sekolah
  • Pelatihan literasi digital bagi guru dan siswa
  • Penggunaan LMS (Learning Management System)
  • Pemanfaatan AI dan multimedia dalam pembelajaran
  • Program Kewirausahaan Digital
  • Projek siswa membuat konten edukatif atau produk digital
  • Pameran karya digital dan teknologi
  • Kerja sama dengan komunitas IT/Startup lokal

D. Bidang Kolaborasi dan Kepedulian Sosial

  • Program Kolaborasi Siswa
  • Projek berbasis komunitas (Project-Based Learning)
  • Klub minat bakat dan tim kerja kolaboratif
  • Latihan kerja tim dan presentasi proyek kelas
  • Program Peduli Lingkungan dan Masyarakat
  • Sekolah Adiwiyata dan gerakan peduli sampah
  • Bakti sosial, kunjungan panti, dan kerja bakti rutin
  • Program “Siswa Mengabdi” (pengabdian siswa pada lingkungan sekolah dan masyarakat)

E. Bidang Manajemen dan Kemitraan

  • Program Kemitraan Sekolah dan Orang Tua
  • Forum silaturahmi wali murid
  • Kelas parenting dan edukasi keluarga
  • Inovasi komunikasi digital orang tua-guru
  • Program Peningkatan Profesionalisme Guru
  • Pelatihan internal dan MGMP sekolah
  • Penelitian tindakan kelas (PTK)
  • Sistem mentoring dan coaching guru muda

 border=