Jl Pesantren no 02 Citangkolo Kujangsari Langensari Kota Banjar Jawa Barat
Telp. 0265 2730505 e-Mail : smpalazharbanjar@gmail.com

Sabtu, 02 Februari 2019

Gubernur Jabar: Ini terobosan dimana sampah pelastik bisa ditukar emas


SMP Al Azhar Citangkolo - Sampah plastik memang kerap menjadi masalah besar bagi lingkungan. Plastik menjadi salah satu penyebab lingkungan tercemar karena memang susah untuk membusuk.


Plastik apabila hanya dikubur akan memakan waktu lama untuk bisa terurai. 
Pemprof Jabar berinovasi mengolah plastik menjadi barang yang berguna. tapi menariknya lagi plastik bisa ditukar menjadi emas. seperti yang diunggkapkan gubernur jawa barat.  Sampah plastik di Jawa Barat kini bisa menjadi emas? Wah!


Sumber http://jabarprov.go.id
Jika Sampah Plastik Bisa Jadi Emas, Kenapa Tidak?
Sampah plastik di Jawa Barat kini bisa menjadi emas? Wah! Ya, itulah yang diungkapkan Gubernur Jabar Ridwan Kamil atau sering disapa Kang Emil. Menurut Kang Emil program itu merupakan kerjasama antara Pemprov Jabar dan PT Pegadaian dan sudah dilaunching secara informal di Bekasi beberapa waktu lalu.

"Ini terobosan dimana sampah pelastik bisa dikonversi jadi emas. Caranya adalah sampah plastik industrial seperti botol bekas minuman, dikumpulkan lalu nanti dikumpulkan oleh bank sampah dan hasilnya untuk sekian kilo bisa ditukar dengan 0 koma sekian sekian gram emas," katanya di Gedung Sate, Jumat (1/2/2019).

Menurut Kang Emil terobosan ini ujungnya adalah pengurangan sampah plastik yang dinilai masih banyak dan menjadi limbah.

"Ya ujung-ujungnya adalah mengurangi limbah plastik yang masih banyak kan di sekitar kita. Tetapi dengan terobosan seperti ini, pengurangan di tingkat masyarakat menjadi semakin menarik. Orang nanti bisa memiliki modal menikah dengan sampah," kelakar Kang Emil.

Secara besar-besaran nanti akan dilaunching untuk seluruh Jabar, program konversi sampah plastik manjadi emas.
 
Back To Top