Jl Pesantren no 02 Citangkolo Kujangsari Langensari Kota Banjar Jawa Barat
Telp. 0265 2730505 e-Mail : smpalazharbanjar@gmail.com

Selasa, 14 Februari 2017

SMP Al Azhar Citangkolo SIAP untuk UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER (UNBK)


SMP Al Azhar Citangkolo. Pada tahun ini (2017) merupakan pertama kali sekolah kami akan melaksakan Ujian nasional secara Obline (UNBK). Berdasarkan hasil rapat Pihak sekolah yang melibatkan Wali siswa khususnya kelas ix yang sekaligus sebagai waali dari calon peserta UNBK 2017 yang dilaksanakan pada hari Selasa 7 Februari 2017 Pukul 10.00 – 12.00 WIB di AULA YPPMAC, adapun hal yang berkaitan dengan UNBK, Sosialisasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Musyawarah tentang Administrasi UNBK.


UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) adalah UN dengan menggunakan komputer yang dilengkapi perangkat lunak (software) yang khusus dikembangkan untuk Ujian Nasional dengan tingkat kesulitan yang sama dengan UN tertulis. Selain dari itu, dengan UNBK juga bisa meminimalisir biaya yang di keluarkan karena dengan adanya UNBK tidak perlu kertas atau photo copy. Untuk Hari dan waktu Pelaksanaan LUS/UNBK bisa di lihat Pada JADWAL TRY OUT & UNBK 2017

Peserta UNBK pada tahun ini adalah peserta didik pada jenjang SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK dari satuan pendidikan yang memenuhi kriterian yang ditetapkan oleh Panitia Pelaksana Tingkat Provinsi dan telah diverifikasi oleh Panitia Pelaksana Tingkat Pusat.

Kriteria apa saja yang harus dipenuhi agar satuan pendidikan dapat ditetapkan menjadi pelaksana UNBK?
Kriteria bagi pelaksana UNBK adalah seluruh persyaratan yang berlaku bagi satuan pendidikan pelaksana UN-PBT (Ujian Nasional – Paper Based Test, alias Ujian Nasional Berbasis Kertas) ditambah dengan kriteria khusus, sebagai berikut:

A. Sekolah/madrasah yang memiliki sarana dan prasaran sebagi berikut:


Komputer personal (PC) atau laptop sebagai client dengan rasio jumlah client dibanding jumlah peserta UN minimal 1 : 3 serta client cadangan minimal 10%;

Server yang memadai dilengkapi dengan UPS (Uninterruptible Power Supply);
Jaringan lokal (LAN) dengan media kabel;

Koneksi internet dengan kecepatan yang memadai;

Asupan listrik yang memadai (diutamakan memiliki genset dengan kapasitas yang memadai );
Ruangan ujian yang memadai.

Alhamdulillah atas izin-Nya SMP Al Azhar Citangkolo Insya Alloh sudah memnuhi persyaratan tersebut, ini semua juga tidak terlepas dari dukungan semua elemen masyarakan,pemerintah dan panitia UNBK Khususnya. 

Berdasarkan statistik dari dari sekolah penyelenggara UNBK Nasional untuk tingkat SMP 11.444 , dan total Pelaksaan UNBK tahun dari semua tingkat SMP, SMA/MA, SMK sudah mencapai 30.937.
Untuk Jawabarat 31,59 sekolah yang sudah melaksanakan UNBK sendiri dan 6.87 sekolah yang melaksanakan UNBK disekolah lain.
Kota Banjar Khususnya Sekolah yang akan melaksanakan UNBK pada tahun ini sudah mencapai 40.32 sebagai palaksana dan 6.45 masih disekolah lain.
dalam hal ini insya alloh sudah bisa melaksanakan sendiri karena SMP Al azhar Citangkolo sudah memiliki perangkat koputer dan 3 server serta menjadi menjadi Sekolah standar nasional (SSN).
 
Back To Top